Thursday, November 4, 2010

Profil: The Rising Star Bale!









Gareth Bale akhir-akhir ini telah menjadi nama yang populer di kalangan pecinta sepak bola dunia. Pemain yang memiliki nama lengkap Gareth Frank Bale ini telah menunjukkan bakat luar biasanya dengan potensi besar untuk menjadi pemain hebat kala membantu timnya,Tottenham Hotspur mengalahkan Inter Milan di White Hart Lane pada pertandingan lanjutan penyisihan Grup A Liga Champions 2010/11. Berkat dua assist-nya, Spurs kini bisa merebut puncak Grup A dari Inter dengan keunggulan jumlah gol.
Pemuda kelahiran 16 Juli 1989 ini memang telah menunjukkan bakat lebih sebelum ia dikenal luas seperti saat ini. Ia lahir dan dibesarkan di Cardiff, Bale memulai karir profesionalnya di Southampton sebelum pindah ke klub Liga Utama Inggris Tottenham Hotspur. Dia dikenal karena bakat atletiknya, kecepatan berlari, stamina kuat dan kemampuan untuk bermain di mana saja di sisi kiri. Ia juga dikenal karena kemampuannya mengirimkan umpan silang, dan tendangan bebasnya yang tidak perlu diragukan lagi.
BAKAT SEDARI KECIL
Bale kecil lahir di Cardiff, sebagai yang termuda dari dua bersaudara. Dia adalah keponakan dari mantan pemain sepak bola Cardiff City Chris Pike. Bakat luar biasa Bale sudah terlihat sejak ia berumur 9 tahun ketika ia bermain untuk klub pertamanya Cardiff Civil Service Football Club. Ia memiliki kemampuan khusus dalam ketenangannya bermain dan juga kaki kirinya yang hebat.
Bale kemudian melanjutkan pendidikannya ke Whitchurch High School di Cardiff, di mana selain bermain sepak bola, ia juga bermain rugby, hoki dan juga lari jarak jauh. Karena kemampuannya yang di atas rata-rata, Gwyn Morris, salah seorang gurunya harus menulis aturan khusus untuk Bale. Bale dibatasi untuk bermain sepak bola hanya dengan satu sentuhan dan tidak boleh menggunakan kaki kirinya, dalam artian dia tidak boleh menggiring bola. Sementara bersekolah di Whitchurch, Bale juga mengikuti pelatihan di cabang akademi Southampton di Bath.
Saat berusia 16 tahun Bale berhasil membantu di tim U-18 sekolahnya memenangkan Piala Cardiff & Vale Senior. Dia lulus pada musim panas 2005 dengan nilai A untuk pendidikan olah raga dan pada tahun terakhirnya di sekolah ia dianugerahi hadiah penghargaan untuk prestasi olahraga. Dalam presentasinya, Morris berkomentar, "Gareth memiliki tekad keras untuk berhasil dan memiliki karakter dan kualitas untuk mencapai tujuan pribadinya. Dia adalah salah satu individu yang paling tidak egois, saya senang pernah mendidiknya."
AWAL KARIR
Pada usia 16 tahun 275 hari, Bale menjadi pemain termuda kedua yang pernah bermain untuk the Saints (setelah Theo Walcott). Ia melakukan debut pada tanggal 17 April 2006. Dia bermain penuh pada pertandingan Southampton mengalahkan Millwall 2-0.
Pada tanggal 6 Agustus 2006, Bale mencetak gol liga pertamanya, melalui tendangan bebas, menyamakan skor 1-1 saat melawan Derby County. Pertandingan di Pride Park itu berakhir dengan skor 2-2.
Dia kembali mencetak gol, saat melawan Coventry City di musim 2006-07 juga dari tendangan bebas. Bale lalu mengembangkan reputasinya sebagai spesialis tendangan bebas ketika melawan West Bromwich Albion. Pada 16 Desember 2006, jumlah gol Bale bertambah menjadi lima yang didapatnya lewat gol penyama kedudukan ke gawang Sunderland, tendangan bebas ke Hull dan gol ke gawang Norwich City.
Pada bulan Desember 2006 dia memenangkan Penghargaan Carwyn James sebagai BBC Wales Young Sports Personality of the Year. Sebagai penutup musim pertamanya sebagai pemain sepak bola profesional, Bale mendapati namanya sebagai penerima penghargaan Football League Young Player of the Year pada tanggal 4 Maret 2007.
Pertandingan terakhirnya bersama Southampton adalah di leg pertama play-off semi-final Championship melawan Derby County pada 12 Mei 2007. Bale mengalami cedera pada babak ke kedua, membuatnya tidak dapat tampil di leg kedua. Secara total, Bale membukukan 45 penampilan bagi Southampton, dan mencetak lima gol.
Bale menyelesaikan proses transfernya ke Tottenham pada tanggal 25 Mei 2007, ia diikat kontrak selama empat tahun, dengan nilai pembayaran di muka sebesar £ 5 juta. Pembayaran tambahan untuk nilai transfer Bale kira-kira mencapai total £ 10juta.
Pertandingan pertama Bale untuk Spurs adalah saat laga persahabatan melawan St Patrick's Athletic pada tanggal 12 Juli 2007, namun ia harus digantikan pada menit ke-80 karena cedera ringan. Dia membuat debut kompetitif nya untuk Tottenham Hotspur pada tanggal 26 Agustus saat menghadapi Manchester United. Ia akhirnya berhasil menyumbangkan gol pertamanya untuk Tottenham pada penampilan keduanya saat bermain imbang 3-3 melawan Fulham pada tanggal 1 September. Bale kemudian kembali mencetak gol pada pertandingan Derby London Utara melawan Arsenal lewat tendangan bebas di dekat gawang. Bale membuktikan dirinya pantas dihargai mahal ketika kembali mencetak pada pertandingan Piala Liga melawan Middlesbrough di White Hart Lane. Dengan keberhasilannya itu Bale telah mencetak tiga gol dalam empat pertandingan pertamanyta saat masih berusia 18 tahun. Bukan saja di Liga Premier, Bale juga mulai menunjukkan kehebatannya dengan menyumbang 1 gol untuk Spurs saat mengalahkan Anorthorsis Famagusta di Piala UEFA.
Bale digantikan setelah mengalami cedera akibat tekel Fabrice Muamba di pertandingan liga melawan Birmingham City pada tanggal 2 Desember 2007. Scan mengungkapkan bahwa Bale telah menderita cedera pada ligamen engkel kaki kanannya, yang mengharuskan Bale absen dalam jangka waktu yang cukup panjang. Direktur olahraga Spurs Damien Comolli mengumumkan ke media pada bulan Februari 2008 bahwa Bale akan kehilangan sisa musimnya karena cedera. Ia kembali menandatangani kontrak baru selama empat tahun di Spurs pada bulan Agustus 2008.
Pada bulan Juni 2009, Bale kembali harus menjalani operasi untuk cedera lututnya, yang membuatnya absen sampai delapan minggu. Dia melewatkan pertandingan pra-musim dan hal itu seperti memproyeksikan bahwa ia akan kehilangan beberapa minggu pertamanya di musim 2009-10.
Pada tanggal 26 September, ia membuat comeback sebagai pemain pengganti saat Spurs menghancurkan Burnley 5-0. Namun, ia mengalami frustrasi sewaktu di bangku cadangan ketika Benoît Assou-Ekotto yang menggantikannya bermain baik. Ketika Assou-Ekotto absen karena cedera, manajer Harry Redknapp akhirnya memutuskan untuk memberikan kesempatan Bale untuk kembali dan dia sangat terkesan ketika Spurs melabrak Peterborough 4-0 di babak ketiga Piala FA.
Bale akhirnya bisa kembali merasakan kemenangan untuk pertama kalinya sewaktu bermain sebagai starter dalam pertandingan liga saat Spurs menang 2-0 atas Fulham. Bentuk terbaik Bale berlanjut ketika ia masuk sebagai line up yang membantu Spurs menang 3-1 atas Fulham pada pertemuan kedua putaran keenam Piala FA. Pada bulan April 2010, Bale mencetak satu gol melawan Arsenal setelah menerima umpan dari Defoe dia mencungkil bola melewati kiper Arsenal. Tiga hari kemudian, Bale membuat pendukung Tottenham bersorak ketika ia mencetak gol kemenangan 2-1 atas Chelsea melalui kaki kanannya. Bale menjadi Man yang Match pada pertandingan tersebut. Selanjutnya ia mendapat Barclays Player of the Month untuk bulan April.
Prestasinya yang cemerlang membuat klub-klub besar mulain meminatinya. Menyadari hal tersebut Spurs tidak ingin kecolongan. Bale kembali menandatangani kontrak barunya di Tottenham selama empat tahun pada tanggal 7 Mei 2010 sebagai hadiah atas dukungannya membantu klub mencapai tempat di Liga Champions.
Pada tanggal 21 Agustus 2010, Bale mencetak dua gol dalam kemenangan 2-1 di Stoke City. Kiprahnya di Liga Champions berlangsung cemerlang, pada tanggal 25 Agustus, Bale menjadi inspirator semua gol Spurs saat mengatasi Young Boys dengan skor telak 4-0 di White Hart Lane.
Meskipun Assou-Ekotto sudah kembali dari cedera, posisi Bale tidak tergoyahkan di starting eleven Spurs. Pada tanggal 29 September 2010, Bale mencetak gol pertamanya di Liga Champions untuk Tottenham saat menang 4-1 melawan juara Belanda FC Twente. Atas prestasinya itu, Bale mendapatkan penghargaan Welsh Player of the Year versi FAW.
Bintang Bale semakin berkilau kala mencetak hat-trick pertamanya di Liga Champions pada tanggal 20 Oktober 2010 ke gawang juara bertahan Internazionale di San Siro. Pada pertandingan itu Tottenham Hotspur harus menderita kekalahan 4-0 pada 35 menit pertama, dan harus bermain dengan sepuluh pemain karena kiper mereka, Heurelho Gomes menerima kartu merah karena pelanggaran terhadap Jonathan Biabiany pada sepuluh menit babak pertama. Di kala pertahanan Inter mulai mengendur, Bale dengan kecepatan berlarinya mampu mencetak gol demi gol yang mencengangkan dunia.
Gareth membuktikan gol-golnya di San Siro bukanlah sebuah kebetulan pada pertemuan kedua melawan Inter di White Hart Lane tanggal 2 November 2010. Gareth menjadi inspirator kemenangan Spurs dengan dua assist-nya. Spurs unggul 3-1 atas Inter dan Bale terpilih sebagai Man of The Match.
GAYA PERMAINAN
Bale dikenal memiliki kemampuan berlari sambil menggiring bola dengan kecepatan tinggi. Sebagai bek sayap kiri, Bale menggunakan kelebihan bakat atletiknya dan stamina yang kuat untuk dapat berlari jauh ke depan membantu serangan dan juga turun ke posisi asalnya saat bertahan. Bale juga memiliki kemampuan untuk mengirimkan umpan-umpan silang berbahaya ke rekan-rekannya di depan. Gareth Bale kini telah disebut-sebut sebagai salah satu pemain bek sayap kiri terbaik dunia oleh banyak pakar sepak bola dan beberapa manajer.
Gareth Bale juga memiliki tendangan bebas yang akurat.
KARIR DI TIM NASIONAL
Bale masuk skuad Timnas Wales senior di akhir musim 2005-06 dan kemudian melakukan debutnya pada 27 Mei 2006 sebagai pemain pengganti saat Wales menang 2-1 atas Trinidad dan Tobago. Ia menjadi pemain termuda yang pernah bermain untuk Wales saat berusia 16 tahun dan 315 hari, memecahkan rekor sebelumnya milik Lewin Nyatanga.
Pada tanggal 7 Oktober 2006, Bale menjadi pemain termuda yang pernah mencetak gol untuk tim nasional Wales pada pertandingan kualifikasi Euro 2008 melawan Slovakia lewat kemahirannya melakukan tendangan bebas. Dia kemudian mencetak gol keduanya untuk Wales saat menundukkan San Marino 3-0 pada tanggal 28 Maret 2007. Setelah cedera panjang, ia kembali dan mulai bermain di kualifikasi Piala Dunia melawan Finlandia pada tanggal 10 Oktober 2009. Pada tanggal 14 Oktober, ia membantu David Vaughan mencetak gol pembuka saat melawan Liechtenstein.
Brian Flynn, manajer U-21 Wales mengungkapkan kekagumannya pada potensi Bale yang ia anggap akan menjadi bintang di masa depan. Kecakapan kaki kiri Bale dan juga kemampuan tendangan bebas yang ia miliki telah membuat namanya dibanding-bandingkan dengan pemain sayap Manchester United Ryan Giggs.
Bale sebenarnya memenuhi semua syarat untuk bermain di Timnas Inggris karena neneknya, namun ia lebih memilih Wales. Tahun 2007 Bale mengungkapkan kebanggaanya berkostum Wales dengan berkata, "Ini adalah sebuah kehormatan untuk bermain bagi Wales... Tidak seorangpun dari Inggris dapat berhubungan dengan saya secara pribadi, kecuali melalui agen saya.

No comments:

Post a Comment