Friday, November 12, 2010

Sejarah dan Head to Head Derby Della Madoninna


Derby Della Madoninna
Derby Della Madoninna

Derby Della Madoninna adalah sebutan laga antara tim sekota Milan, yakni AC Milan dan Inter Milan. Disebut demikian karena dalam kota Milan terdapat patung Bunda Maria yang lebih dikenal dengan nama Madoninna. Mari kita bahas lebih lanjut mengenai sejarah rivalitas kedua klub tersebut serta Head to Head mereka demi panduan Anda untuk menyaksikan derby Minggu nanti ini.
SEJARAH RIVALITAS
Pada awalnya kota Milan hanya memiliki satu klub saja di dalam cabang sepak bola tidak seperti sekarang ini. Milan Cricket and Football Club yang didirikan oleh seorang mantan wakil konsulat Inggris di Milan, Alfred Edwards pada 16 Desember 1899 adalah cikal bakal berdirinya kedua klub tersebut.
Sembilan tahun berselang, karena gerah melihat tim itu hanya didominasi pemain Inggris dan Italia, beberapa orang bagian dari Milan Cricket and Football Club yang berisikan orang-orang Swiss dan Italia memutuskan untuk memisahkan diri. Tepat pada tanggal 9 Maret 1908 resmi berdiri Internazionale, yang diilhami dari keinginan para pendiri klub tersebut untuk membuat satu klub yang terdiri dari banyak pemain negara luar.
Sejak saat itu keduanya menjadi musuh, meski tidak pernah ada pernyataan resmi yang dikeluarkan. Terlebih lagi baru dua tahun berdiri, Inter yang didominasi pemain asing langsung merebut gelar juara.
Milan Cricket and Football Club akhirnya berubah menjadi Associazione Calcio Milan (AC Milan) pada tahun 1939 karena rezim fasis menerapkan kebijakan Italianisasi.
Bukan hanya permusuhan saja yang mereka jaga hingga kini, tradisi komposisi pemain kedua tim juga tetap mereka jaga. Milan sampai kini lebih banyak didominasi pemain Italia sedangkan Inter Milan mereka mengumpulkan bintang-bintang berkelas internasional. Bahkan, saat final Liga Champions Eropa pada tahun 2009 lalu, tidak ada satu pun pemain berdarah Italia di starter line up skuad besutan Jose Mourinho itu.
HEAD to HEAD
Dalam Derby Della Madoninna yang berlangsung 14 November nanti, itu adalah derby yang ke 274 kalinya dalam sejarah kedua tim tersebut. Dari 273 pertemuan sebelumnya, Rosonerri masih unggul dalam hal kemenangan dari rival sekota mereka ini. Milan berhasil memenangkan 106 kali laga ini, 95 kali kemenangan menjadi milik Inter, serta sisanya seri.
Dalam jumlah gol, Milan tercatat 406 kali membobol gawang Inter. Sedangkan Nerazzurri mereka baru bisa membalas gol terebut sebanyak 430 kali.
Berikut statistik Head to Head antara kedua tim tersebut;
Pertemuan di Serie A
Total pertemuan: 174
Inter menang: 64
Milan menang: 58
Berakhir imbang: 52
Total jumlah gol Inter: 255 gol
Total jumlah gol Milan: 235 gol
Pertemuan di Coppa Italia
Total pertemuan: 23
Inter menang: 7
Milan menang: 9
Berakhir imbang: 7
Total jumlah gol Inter: 22 gol
Total jumlah gol Milan: 32 gol
Pertemuan di Liga Champions Eropa
Total pertemuan: 4
Inter menang: 0
Milan menang: 2
Berakhir imbang: 2
Total jumlah gol Inter: 1 gol
Total jumlah gol Milan: 4 gol
Pertemuan di Pertandingan Lain
Total pertemuan: 72
Inter menang: 24
Milan menang: 37
Berakhir imbang: 11
Total jumlah gol Inter: 128 gol
Total jumlah gol Milan: 159 gol
Total Pertandingan Keseluruhan
Total pertemuan: 273
Inter menang: 95
Milan menang: 106
Berakhir imbang: 72
Total jumlah gol Inter: 406 gol
Total jumlah gol Milan: 430 gol

No comments:

Post a Comment