Wednesday, October 27, 2010

Pebola Inggris Dengan Karir Meroket

Musim lalu, Chris Smalling membuat langkah fenomenal ketika memutuskan untuk menerima pinangan Manchester United. Namun dua tahun lalu, mungkin tak ada yang kenal nama mantan pemain Fulham tersebut.
Centre-back muda itu mengawali kiprahnya bersama The Red Devils musim ini dengan gemilang ketika ia mencetak gol pertamanya untuk klub dalam tur pra-musim di Amerika pekan lalu, meski tak menolong mereka dari kekalahan 3-2 atas klub Meksiko, Chivas Guadalajara.
Padahal dua musim sebelumnya, Smalling hanya bermain untuk klub amatir Maidstone United di Isthmian Premier Division, divisi tujuh sepak bola Inggris.
Smalling melakoni debut untuk skuad U-21 Inggris bulan November tahun lalu, dan enam pekan kemudian ia melakoni laga pertamanya di Liga Premier bersama Fulham.
Baru dua kali membela The Cottagers di Liga Premier, United kepincut untuk memboyongnya musim lalu dan ia baru bergabung ke Old Trafford di awal musim ini. United dikabarkan harus merogoh kocek sebesar 8 juta pound demi mendatangkan bek tengah berbakat tersebut dari Craven Cottage.
Namun ternyata, bukan Smalling saja yang memiliki karir melesat begitu cepat. Berikut beberapa pemain yang juga melewati jalan yang hampir sama di Liga Premier Inggris:

1. LES FERDINAND

Les Ferdinand (c)Dailymail

Ferdinand bermain untuk sejumlah klub non-liga sebelum ditarik oleh Queens PArk Rangers dari Hayes di tahun 1987 dengan harga 'hanya' 30.000 pound.Karir profesionalnya tak semulus awal luar biasa yang dicatatnya, ia sempat dipinjamkan ke Brentford dan Besiktas. Namun ia makin subur ketika bermain untuk Newcastle dan Tottenham - ketajamannya tersebut membuat Ferdinand mendapat julukan 'Sir Les'.

2. STUART PEARCE

Stuart Pearce (c)Dailymail

Sepak bola tampaknya telah ditakdirkan bagi Psycho - julukan Pearce, meski ia mengawali karir sebagai tukang listrik dan tukang ledeng sembari bermain untuk Weldstone, jauh sebelum ia menjadi pemain kunci untuk skuad Inggris yang mencapai semifinal Piala Dunia 1990 di Italia.Coventry City merogoh kocek sekitar 30.000 pound di tahun 1993 untuk mendapatkannya, sebelum Nottingham Forest memboyongnya dua tahun kemudian dan saat itulah karirnya berkembang pesat.

3. STAN COLLYMORE

Stan Collymore (c)Dailymail

Collymore awalnya gagal menembus seleksi pemain di Wolverhampton Wanderers dan Walsall sebelum memutuskan untuk hijrah ke Stafford Rangers di divisi Conference atau divisi lima Liga Inggris.Namun terobosan paling fenomenal datang di tahun 1992 ketika ia dibeli Crystal Palace, namun ia segera hijrah ke Southend, dan kemudian Nottingham Forest di mana gol-golnya membuat Liverpool terpikat dan memboyongnya dengan mega-transfer senilai 8,5 juta pound ke Anfield.

4. IAN WRIGHT

Ian Wright (c)Dailymail

Karir Ian Wright terbilang telat saat ia hengkang dari Greenwich Borough menuju Crystal Palace di usia 22 tahun, lewat sebuah kesepakatan aneh di mana proses transfernya diselesaikan dengan pertukaran serangkaian anak timbangan.Ia melewati musim yang sukses di Selhurst Park - markas Palace, sebelum akhirnya hijrah ke Arsenal dan menjadi legenda dan pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah The Gunners – sebelum akhirnya dipatahkan oleh Thierry Henry.

5. JOHN BARNES

John Barnes (c)Dailymail

Mantan pelatih Inggris, Graham Taylor membuat salah satu keputusan bijak ketika ia memberi kesempatan pada Barnes muda untuk bermain di skuad cadangan Watford setelah sebelumnya ia bermain untuk Sudbury Town di tahun 1981.Taylor kemudian memberikan Barnes kontrak profesional dan kepercayaan tersebut dibayar Barnes dengan torehan 65 gol dalam enam musim di Vicarage Road sebelum ia bergabung dengan Liverpool di tahun 1987 dengan banderol 900.000 pound

No comments:

Post a Comment